Senin, 28 Februari 2011

ALASAN KENAPA BANYAK ORANG GANTI MONITOR CRT KE LCD

Apakah Anda termasuk orang yang haus akan perkembangan dan pemanfaatan teknologi gadget? Ataukah Anda sekedar mengikuti trend dunia gadget agar tidak dianggap gaptek? Siapapun dan bagaimanapun Anda, Anda tetap perlu mengetahui beberapa alasan mengapa banyak orang beralih dari monitor CRT (tabung) ke LCD.
Secara umum, perbedaan monitor CRT dengan LCD terlihat jelas dari beberapa hal yaitu:
1.                  Bentuk
CRT cenderung lebih besar karena memakai tabung (Tube) sehingga relatif memakan terlalu banyak tempat. Dalam hal ini, tentunya LCD yang tipis jauh lebih ramping sehingga bisa menghemat tempat.
2.                  Konsumsi listrik
Dibandingkan CRT, konsumsi listrik LCD hanya sebesar 60-80% dari monitor tabung. Tentunya, hal ini cukup menghemat pemakaian listrik yang saat ini terus naik tarifnya.
3.                  Efek terhadap mata
LCD monitor bekerja dengan reaksi cairan di dalam lapisan yang tipis untuk menghasilkan gambar sementara CRT bekerja dengan menembakkan elektron elektron dengan cukup tinggi dan kontinyu ke bidang layar. Seklias, dapat dipahami bahwa sorotan gambar pada mata kita yang dihasilkan akan lebih berefek CRT daripada LCD.
4.                  Harga
Seiring bergulirnya waktu dan trend dunia, harga LCD monitor  semakin terjangkau. Dengan budget kurang dari 1 juta Rupiah pun,  kia bisa membawa pulang LCD monitor ukuran 15 atau 16 inch.
            Namun demikian, bagi Anda yang tinggal di daeah dengan arus listrik yang kurang stabil, perlu Anda pertimbangkan bahwa dalam hal spare part, monitor CRT masih lebih mudah diperbaiki. Hal ini mengingat komponen-komponen dalam Monitor CRT masih mudah dicari “kanibal”nya di pasaran. Selamat menikmati perkembangan teknologi, namun tetaplah bijaksana dalam memanfaatkannya.  

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mouse

GADGET NUSANTARA Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal