Sabtu, 19 Februari 2011

LANGKAH DAN TIPS MEMILIH MODEM

Seiring globalisasi teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan kita saling berinteraksi, semakin banyak pengguna internet di negeri ini tidak mau repot-repot pergi ke warnet dan memilih menggunakan koneksi internet pribadi. Hal ini telah menginspirasi banyak pihak, termasuk provider seluler serta produsen gadget untuk meluncurkan produk-produk yang mendukung koneksi internet di Indonesia.
            Bagi para provider seluler, potensi penduduk negeri ini yang lebih dari 220 juta jiwa dianggap merupakan suatu potensi bisnis yang besar sehingga mereka terus bersaing dalam memberikan tarif koneksi internet termurah bagi para pelanggannya. Sementara itu, para produsen gadget berlomba-lomba menghadirkan produk-produk pendukung koneksi internet dengan fasilitas dan keunggulan masing-masing.
            Namun demikian, kita sebagai pelanggan harus jeli dalam memilih  kedua produk tersebut sehingga tidak terjebak dalam persaingan yang cenderung menjadikan kita sebagai pihak yang terjepit di tengahnya. Untuk itu, bagi anda yang ingin memiliki koneksi internet pribadi, berikut beberapa langkah dan tips memilih  modem (eksternal) sebagai salah satu gadget pendukung koneksi internet:
1.                  Provider
Tentukan provider mana dan jaringan apa (GSM/CDMA) yang ingin dipakai. Perhatikan jangkauan dan stabilitas sinyal, tarif, serta kecepatan yang ditawarkan.
2.                  Status Modem
Ada dua jenis modem yang beredar di pasaran yakni jenis locked (biasanya bundling dengan provider tertentu) serta unlocked yang bisa dipakai untuk beberapa provider yang memiliki frekuensi sama. Agar fleksibel, pilihlah modem yang unlocked sehingga suatu saat jika anda ingin berganti provider, modem tersebut masih dapat digunakan.
3.                  Budget
Tentukan anggaran yang Anda ingin sisihkan untuk membeli perangkat tersebut karena saat ini modem ditawarkan dalam berbagai harga yang disesuaikan dengan fasilitas serta kualitasnya. Agar lebih aman, ambil tengah-tengahnya, dari harga terendah hingga tertinggi.
4.                  Bentuk
Sesuaikan bentuk modem dengan stabilitas sinyal di daerah Anda. Modem dengan antena tambahan umumnya lebih baik dalam menangkap sinyal.  
5.                  Fasilitas dan Fungsi tambahan
Saat ini modem dibekali dengan berbagai fungsi pendukung seperti wifi maupun flashdisk. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, semakin banyak pula fungsi yang dapat anda manfaatkan.
6.                  Garansi
Pastikan modem yang akan Anda beli memiliki garansi yang memadai, biasanya berkisar 6 bulan hingga 1 tahun. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaku-waktu modem tersebut ngadat tanpa sebab.
Masih ingin mengetahui tips-tips lain seputar gadget, tunggu postingan selanjutnya. Selamat mengeksplorasi informasi. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mouse

GADGET NUSANTARA Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal