Minggu, 13 Februari 2011

MEMBELI NOTEBOOK ATAU NETBOOK?

Demam komputer jinjing telah mewabah ke seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali Indonesia, sebuah negara berkembang yang jumlah penduduknya tidak kurang dari 200 juta jiwa. Hal ini mengilhami sejumlah produsen untuk memperkenalkan produk-produknya di negeri ini dengan harga yang semakin terjangkau.  
Namun demikian, adanya pilihan notebook dan netbook yang tersedia di pasaran tentu menuntut kita untuk pandai-pandai memilih gadget model mana yang terbaik untuk kita. Terlebih saat ini, baik notebook maupun netbook hadir dengan keunggulan masing-masing. Oleh sebab itu, berikut saya sajikan beberapa hal yang layak Anda pertimbangkan jika ingin memilih satu dari kedua jenis komputer jinjing tersebut:
1.                  Fungsi.
Jika Anda ingin menggunakannya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat seperti desain grafis hingga video editing, pilihan aman ada pada notebook. Namun untuk hal-hal yang ringan dan bersifat komsumsi, menyelesaikan tugas-tugas akademik, atau sekedar berselancar di internet, netbook sudah memadai.
2.                  Ukuran
Layar notebook umumnya berkisar antara 12 inch hingga 17 inch sementara netbook sama atau kurang dari 10 inch. Tentunya dengan lebar layar tersebut, netbook lebih kecil dan ringkas untuk dibawa kemanapun.
3.                  Input-Output
Dengan ukuran yang jauh lebih besar, notebook memiliki perangkat input dan output yang lebih bervariasi, termasuk optical disc drive (CD/DVD ROM) sementara netbook umumnya hanya dibekali slot USB drive. Untuk itu, jika ingin memutar dan up-date dvd film-film terbaru dari rental CD tanpa repot, jangan ragu untuk membeli notebook.
4.         Harga
Harga notebook di pasaran Indonesia saat ini masih diatas 4 juta rupiah sementara netbook ditawarkan dengan harga mulai dari 2,5 juta hingga 3,5 juta. Dengan pilihan harga ini, sesuaikan budget dengan kebutuhan Anda mengingat fungsi utama kedua gadget tersebut cukup jauh berbeda.
5.                  Daya Tahan Baterai
Notebook lebih boros dalam konsumsi baterai karena menggerakkan prosesor yang lebih besar. Umumnya baterai notebook hanya bertahan selama 2 hingga 4 jam sementara netbook mampu bertahan selama 6 hingga 9 jam.
6.                  Sistem Operasi
Notebook dibekali dengan prosesor yang kelasnya lebih tinggi daripada netbook sehingga untuk sistem operasi yang dapat dibenamkan dalam gadget ini cukup beragam. Meski saat ini sistem operasi dirancang seringan mungkin, untuk sistem-sistem operasi tertentu, netbook umumnya lambat saat loading.
Demikian beberapa hal yang dapat Anda jadikan dasar penentuan untuk membeli notebook atau netbook. Semoga bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mouse

GADGET NUSANTARA Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal